Menikmati Kuliner Enak Probolinggo

Posted on

Mampir di Probolinggo adalah kesempatan baik demi merasakan ketan keratoc yang legendaris. Namun selain itu yang dapat kalian coba di kota kecil di Jatim. Tersedia nasi jagung serta nasi sambelan yang menjadikan kalian terus kepingin balik terus ke probolinggo. Tunggu apalagi? Yuk kita periksa wisata kuliner probolinggo.

Rawon Nguling

Katanya rawon nguling telah berdiri semenjak tahun 1940. Daerahnya dengan mudah dijumpai yang memiliki jarak hanya sekianmeter dari pintu perbatasan Pasuruan-Probolinggo. Meskipun sudah beroperasional di sejumlah cabang, rasanya akan kian afdal bila kita bisa menikmati di area asalnya. Nasi rawon merupakan handalan warung makan ini. Seporsi Rawon Nguling adalah sajian yang berisi semangkuk daging rawon, satu piring nasi putih, dan semangkuk kecil penuh tauge segar sebagai pendukung. Rawon itu melegenda sebab rasanya yang unik dan tidak terkikis dari waktu ke waktu. Rasa unik dari Rawon Nguling datang dari keluak, satu diantara bumbu mendasar. Rawon Nguling dikelola dari potongan-potongan daging sapi yang direbus dengan bumbu semacam daun salam dan daun jeruk, lengkuas, kunyit, sereh, serta tumisan bumbu halus yaitu bawang merah-putih, cabe, ketumbar, kunyit, serta keluak. Kuahnya memiliki warna coklat kehitaman serta lumayan berminyak. Lantaran larisnya, diperlukan sekurangnya 40-50kg daging untuk digarap setiap hari. Seporsi nasi rawon Rp.21.000. Warung itu open pukul 05.00 – 22.00 WIB. Takkan perlu takut tidak mendapatkan tempat jika mau makan di sana. Warung makan ini bisa menampung hingga 80 tamu.

Nasi Jagung Merpati

Nasi jagung merupakan makanan pokok untuk pengganti beras yang lumayan populer di Probolinggo. Satu dari banyak rumah makan yang cukup terkenal dengan masakan nasi jagung ialah Warung Merpati. Kawasannya sederhana, tetapi amat laris semenjak tahun 1982. Rumah makan itu cuma menjual satu hidangan, yakni nasi jagung yang ditumbuk secara kasar Bahannya dikukus sejam sampai empuk serta mekar, kemudian ditumbuk. Seperti nasi campur, nasi jagung disuguhkan bersama dengan aneka lauk yang bermacam-macam. Diantaranya urap, perkedel kentang, serta balado tongkol suwir. Tersedia pula sayur tahu, telor dadar, serta perkedel jagung. Sekian dari sajian yang menjadikan warung ini sangat istimewa ialah kehadiran sambal mantap yang katanya tidak ada lawannya di Probolinggo. Namanya yaitu sambal terung. Sambal itu dibikin dari tomat, cabe merah, cabe rawit goreng, bawang merah-putih, terasi, lalu sedikit garam. Seluruhnya diulek diatas cobek besar berikut kukusan terung. Tidak cuma nasi jagung serta sambal terungnya yang menjadi legenda, biasanya pembeli pula menutup sebuah santapan dengan minum unik Warung Merpati. Bukanlah es ataupun dalam teh ada kayumanis. Setyo Wahyuni, penerus bisnis ini, selalu menyediakan pembelinya dengan jam beroperasional yang juga tidak bisa dibandingkan tempat lain, pukul 3 sore sampai 3 pagi. Seporsi nasi jagung dihargai Rp 8.000.

Nasi Sambelan Nyaknyong

Nasi dendeng dijadikan sebagai suguhan khas di Probolinggo. Satu piring nasi dendeng lengkap serta sejumput sambal. Maka dari ituMaka dari itu lebih tersohor dengan istilah Nasi Sambelan.Yang sangat terkenal ialah Nasi Sambelan NyakNyong. Satu piring hidangan itu terdiri dari 2 varian daging, yaitu dendeng serta daging masak santan. Teman lain ialah mie goreng dan serundeng kelapa. Sedangkan daging santannya amat gurih lantaran direfaos didalam santan bersama-sama rempah rahasia sepanjang 6 Jam. Resep keluarga itu turun-menurun pada generasi ke-2 Kedai NyakNyong, yakni lbu Sumiyati. Santan lenyap, menyisahkan kuah yang amat kental. Ibu Sumiyati butuh 15kg daging sapi lalu 30 kelapa tuk tiap mengolah daging. Satu porsi nasi sambelan dihargai Rp 17.500. Warungnya menampung 40 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *